Tips Memilih Hosting Untuk Pemula

Hosting dan domain merupakan kedua hal yang tidak bisa dipisahkan di dalam dunia internet. Ketika anda ingin membuat sebuah website yang dapat diakses oleh orang lain, tentu saja anda butuh sebuah domain serta anda butuh hosting. Domain sbobet sendiri merupakan sebuah alamat dari sebuah website. Misalnya, anda memiliki sebuah website dengan nama domain websaya. atau warungsaya.co. Nah, nama tersebut merupakan sebuah domain.

Tips Memilih Hosting Untuk Pemula

Domain inilah yang nantinya akan menuntun para pengunjung untuk dapat menuju ke lokasi dari website tersebut. Lokasi di mana website ditempatkan inilah yang disebut dengan nama Hosting. Tapi ternyata masih banyak orang yang merasa kebingungan dalam memilih sebuah Hosting yang baik dan juga pas untuk websitenya.

Khususnya bagi anda pemula yang memang baru berkecimpung di dalam dunia website. Namun, anda jangan khawatir kali ini akan kami berikan tips untuk memilih sebuah Hosting yang sesuai dengan website anda!

Bagaimana Hosting Dikatakan “pas”?

Untuk memilih sebuah Hosting, bukan hanya tentang harga dan juga tentang disk space nya saja yang untuk anda perhatikan. Anda juga harus menyesuaikan hosting dengan website yang telah anda buat. Misalnya saja website apa yang ingin anda buat, berapa estimasi dari pengunjung per harinya, perlu akses SSH ataukah tidak, perlu kecepatan tinggi atau kah tidak dan juga sebagainya. Hal tersebut nantinya akan sangatlah berpengaruh ketika anda memilih sebuah Hosting.

Bisa dibayangkan ketika anda nantinya membuat sebuah website toko online yang diakses oleh 1000 pengunjung per harinya. Tentu saja Hosting yang anda pilih juga nantinya harus mampu menampung standar dari 1000 pengunjung, memiliki sebuah Core CPU dan juga RAM yang cukup serta kapasitas kurang lebih 2 GB.

Anda tidak bisa memilih sebuah Hosting dengan kapasitas yang hanya 300 MB. Bisa- bisa toko online yang anda miliki nantinya tidak akan maksimal dan akan mengalami sebuah overload atau resource limit. Hosting juga akan dikatakan “pas” jika sesuai dengan website yang memang ingin dibuat. Tidak lebih dan juga tidak kurang. Untuk apa jika nantinya anda membeli Hosting murah namun tidak dapat digunakan secara maksimal?

Istilah Dalam Hosting

Untuk memilih sebuah Hosting yang pas, penting juga anda harus memperhatikan sebuah resource yang ada dalam sebuah web hosting. Resource ini nantinya tentu saja akan dapat berpengaruh terhadap sebuah kinerja yang ada di dalam sebuah website. Bagi anda yang memang masih pemula, terkadang anda juga akan merasa asing dengan istilah di dalam hosting seperti CPU, RAM, SSD Disk Space, Bandwith, VMEM, PMEM dan lain sebagainya.

Bandwidth

Bandwidth adalah jumlah transfer data yang nantinya akan dihitung dalam satuan waktu bit per second atau (bps). Atau dengan kata lain, bandwidth merupakan sebuah kapasitas maksimal dalam jalur komunikasi untuk melakukan sebuah proses pengiriman dan penerimaan dari sebuah data hanya dalam hitungan detik.

Koneksi internet dengan bandwidth yang juga lebih besar dapat memindahkan file atau data yang cukup besar (misalnya seperti file video) jauh lebih cepat dibandingkan dengan koneksi internet bandwidth yang lebih rendah.

CPU

CPU atau Central Processing Unit merupakan salah satu dari perangkat komputer yang dapat melaksanakan sebuah instruksi dari perangkat lunak yang ada di dalam komputer. Intinya, CPU ini merupakan otaknya dari komputer. Di dalam CPU terdapat juga sebuah processor(core) yang berfungsi untuk dapat mengatur semua aktivitas yang ada pada sebuah komputer. Hosting merupakan sebuah petak- petak atau (kavling) dari sebuah server komputer.

Nah, CPU yang nantinya akan melaksanakan apa yang telah diinstruksikan oleh perangkat lunak. Dan perangkat lunak yang telah dimaksud adalah sebuah website. Jadi, ketika anda nantinya melakukan sebuah klik pada tombol yang ada di website, CPU nantinya akan melaksanakan instruksi tersebut.

Untuk itu, pemilihan sebuah Core pada CPU sangatlah penting untuk diperhatikan. Biasanya, Hosting dengan sebuah Core 0,5 GHz – 1 GHz sudah lebih dari cukup untuk dapat menampung website biasa. Namun, untuk kebutuhan bisnis, maka disarankan untuk menggunakan Hosting dengan Core CPU standar 2 GHz agar nantinya performa hostingan tersebut dapat maksimal.

Tips Memilih Hosting

Sebelum anda nantinya membeli sebuah Hosting, pastikan anda mempersiapkan semuanya. Ini adalah beberapa tips memilih Hosting agar “pas” dengan website anda:

Sesuaikan Spesifikasi

Sesuaikan spesifikasi hosting yang anda akan pilih dengan website yang telah anda buat. Jangan sampai anda malah memilih Hosting dengan kapasitas 48 GB namun hanya digunakan untuk sebuah website pribadi. Atau jangan sampai anda nantinya memilih Hosting dengan kapasitas yang sedikit padahal hal tersebut di peruntukan untuk sebuah toko online yang cukup besar.

Fitur SSH dan Memcached

Pastikan anda nantinya bisa mempertimbangkan fitur SSH dan Memcached. Apakah website anda nantinya akan butuh fitur tersebut ataukah tidak.

Perhatikan Resource

Pastikan anda dapat mempertimbangkan resource yang nantinya ada di dalam Hosting seperti halnya RAM, CPU, SSD Disk Space dan juga sebagainya. Jangan sampai tiba- tiba anda malah terkejut karena website anda error akibat resourcenya yang limit.

Perhatikan Keamanan

Keamanan juga menjadi sebuah hal yang nantinya cukup penting. Pastikan anda dapat memilih Hosting dengan fitur dan juga dengan support security yang baik. Pastikan juga itu semua dilengkapi dengan antivirus, antimalware serta adanya sebuah backup secara berkala. Jika memungkinkan, pilih layanan Hosting yang juga telah support dengan BitNinja, CloudFlare, Railgun, Patchman ataupun juga yang lainnya.

Pilih Rincian Yang Jelas

Yang terakhir yang dapat anda perhatikan dalam memilih sebuah Hosting adalah selalu pilih Hosting dengan rincian yang jelas. Jangan sampai anda malah dibohongi oleh para penyedia dari jasa layanan domain dan juga hosting. Pastikan anda juga dapat mengetahui spesifikasi Hosting yang nantinya ingin anda beli.

Hosting merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi sebuah website. Untuk itu, disarankan anda untuk memilih hosting agar anda dapat mengetahui hostingan yang pas untuk website anda. Untuk apa nantinya anda membeli hosting dengan harga yang mahal dan kapasitas banyak namun hanya dapat digunakan untuk website pribadi saja.

Untuk apa anda membeli sebuah hosting dengan kapasitas sedikit dan harga murah namun, ternyata tidak cocok dengan website yang anda buat ? Untuk itu, maka pastikan Hosting anda “pas” dengan website anda.

Demikian itulah beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk memilih hosting. Jika anda memang masih pemula dalam dunia website, anda bisa mengikuti tips di atas untuk dapat menentukan pilihan anda. Cari penyedia jasa hosting yang pas, jangan sampai kinerja dari website anda tidak maksimal hanya karena anda salah memilih jasa hosting.